Selasa, 16 Mei 2017

tempat wisata kalimantan


1. Sungai Kapuas

sungai kapuas
Tempat wisata di Kalimantan Barat paling Indah pertama adalah Sungi Kapuas. Sungai Kapuas merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia, mungkin anda bertanya kenapa Sungai ini menjadi tempat wisata ? Yah jelas sekali jika dilihat dari gambarnya saja banyak pemandangan alam yang benar-benar masih alami dan masih bisa dinikmati sejauh mata memandang. Sungai ini juga menjadi salah satu sarana Transportasi untuk para penduduk asli Kalimantan Barat sebagai jalur perdagangan dan juga antar jemput. Selain itu juga jika anda pergi ke Sungai ini anda akan mengenal lebih dekat aktivitas dari penduduk asli Kalimantan Barat. Untuk menuju lokasi sungai Kapuas anda hanya perlu menyewa Perahu wisata dengan jarak tempuh hingga 45 Menit dari Kota Pontianak.

2. Rumah Radakng

rumah radakng
Tempat wisata di Kalimantan Barat paling bersejarah yaitu Rumah Adat dari suku Dayak asli di Kalimantan Barat, Rumah Radakng ini merupakan salah satu rumah adat yang banyak mendapatkan kunjungan dari para wisatawan Nusantara dari Luar Pulau Kalimantan. Rumah Panjang merupakan nama sebutan lain dari Rumah Radakng. Rumah ini masih sangat Tradisional dan terletak di daerah Saham, Kabupaten Landak. Disini anda bisa mengenal dengan dekat aktivitas dan kehidupan sehari orang-orang asli suku dayak.

3. Masjid Sultan Syarif Abdurrahman

masjid jami pontianak
Tempat wisata di Kalimantan Barat yang merupakan wisata sejarah selanjutnya adalah Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid tertua yang ada di Kalimantan Barat ini menjadi saksi Utama berdirinya Kota Pontianak, bersama dengan Keraton. Masjid tertua yang ada di Kalimantan barat ini mempunyai 4 pilar yang terbuat dari lapisan kayu berlian dengan diameter 0.5 meter. Masjid ini dibangun dengan 4 tingkat sekaligus dengan tujuan tertentu, salah satu tujuan lainnya yaitu untuk menghindari banjir dari sungai kapuas yang meluap. Masjid ini mampu menampung sekitar 1.500 Jemaah. Untuk lokasinya sendiri Masjid ini terletak sekitar 200 meter dari Keraton Kadariah.

4. Keraton Kadariah Pontianak

keraton kadariah pontianak
Keraton kesultanan Kadariah Pontianak ini juga merupakan salah satu wisata sejarah dan juga merupakan keraton tertua yang ada di Kota Pontianak. Kalau anda belum kesini maka sama saja anda belum ke kota Pontianak, keraton Karadiah berlokasi tepat ditepi sungai Kapuas. Sehingga sangat nyaman sekali untuk anda dan bersama keluarga anda menikmati sore hari di keraton ini.

5. Kota Singkawang

kota singkawang
Kota Singkawang ini merupakan salah wisata di Kalimantan Barat yang di huni oleh etnis Tionghoa. Tak perlu jauh-jauh ke Negeri Tiongkok, di Kalimantan Barat anda bisa menemukan Masyarakat yang kental dengan bahasa Tionghoa. Masyarakat di Kota Singkawang ini masih sering kali menggunakan bahasa khas mereka untuk tetap menumbuhkan adat mereka dari Negeri Asal. Kita Singkawang biasa disebut dengan Kota Seribu Klenteng.

6. Pantai Pasir Panjang

pasir panjang
Tempat wisata di Kalimantan Barat selanjutnya yang bisa anda kunjungi ke Kalbar yaitu Pantai Pasir panjang yang sangat ciri khas dengan pasirnya yang berwarna Cokelat dan lembut. Namun sayang sekali untuk air lautnya masih kurang jernih tidak seperti pantai lain yang ada di Kalimantan. Pulau pasir panjang ini menghadap langsung ke Pulau Natuna serta beberapa pulau kecil yang ada disekitarnya. Lokasinya sendiri berada di Daerah kabupaten 17. Tidak terlalu jauh dari Kota Singkawang.

7. Air Terjun Riam Merasap

air terjun riam merasap
Kalau Air terjun satu ini berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Pulau Kalimantan, yang membuat Air terjun Riam merasap terasa unik dan menarik karena ukuran alirannya yang cukup lebar dan berbeda dengan air terjun pada umumnya. Akibat lebarnya aliran air membuat percikan dan juga embun dari air terjun ini terlihat jelas dan menyegarkan. Air terjun dengan tinggi lebih dari 20 meter dan ditambah dengan pesona pemandangan alam sekitar menjadikan destinasi wisata air di Kalbar ini sebagai salah satu wisata menarik dan wajib dikunjungi anda dan keluarga anda.

8. Pulau Randayan

pulau randayan
Pulau ini cocok sekali untuk keluarga yang ingin relaksasi sejenak dari kesibukan didunia kerja dan juga sangat cocok untuk tempat bulan madu yang romantis. Di tempat wisata Pulau Randayan banyak sekali ditemukan Villa-villa yang menghadap langsung ke laut dan juga menikmati alam tropis Kalimantan Barat yang benar-benar memanjakan mata kita. Untuk menuju lokasi Pulau Randayan ini memakan waktu lebih dari 2 jam menggunakan Skyboat dari pantai pasir Panjang.

9. Taman Nasional Gunung Palung

taman nasional gunung palung
TNGP merupakan salah satu taman raya yang terletak di Kabupaten Ketapang, terkenal dengan orang utannya yang mencapai 2.200 Ekor dan dilindungi dengan baik. Luas Wilayah ini mencapai 90.000 Hektar. Patut untuk dikunjungi dengan nuansa alam tropis yang benar-benar memanjakan mata.

10. Pantai Temajuk

pantai temajuk
Tempat wisata di Kalimantan Barat paling Indah di urutan terakhir adalah Pantai Temajuk. Pantai Temajuk merupakan pantai yang berada di perbatasan Indonesia dengan malaysia, sunggu akan memberikan moment yang benar-benar tidak akan terlupakan jika anda berada di pantai ini. Perjalanan yang jauh dari kabupatan sambas akan terbayar lunas ketika anda sempai di pantai ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar