Selasa, 11 April 2017

Tarian Nusantara (jawa barat)

Tarian Daerah Jawa Barat


Berikut adalah beberapa tarian tradisional dari Jawa Barat :

1. Tari Tradisional Sintren

Tarian Daerah
Ayo Menyimak
Tari sintren merupakan tarian yang berasal dari Cirebon. Tarian ini berbau mistis karena menceritakan tentang kisah cinta Sulasih dan Sulandono.
Tarian ini sangat mistis sekali, bahkan sebelum tarian ini dilakukan harus diawali dengan dupaan atau ritual berdoa. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini mulai tenggelam.

2. Tari Tradisional Topeng

Tarian Daerah Indonesia
sahabatnesia.com
Tari topeng merupakan tari tradisional yang berasal dari Cirebon. Pada umumnya penari topeng menggunakan tiga topeng yang digunakan secara simultan. Diawali dengan topeng bewarna putih, kemudian warna biru, dan di akhiri dengan topeng bewarna merah.
Setiap pergantian topeng, musik pengiring akan semakin keras sebagai lambang dari karakter tokoh yang diperankan.
Musik pengiring dalam tarian topeng adalah dengan menggunakan gamelan khas Cirebon.

3. Tari Tradisional Merak

Tarian Daerah Maluku
sahabatnesia.com
Tari merak merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat. Dinamakan tari merak karena tarian ini memperlihatkan kecantikan dan keindahan dari seokor burung merak.
Para penari tarian merak menggunakan kostum yang juga mirip seperti bulu burung merak.

4. Tari Tradisional Wayang

Tari Tradisional
youtube.com
Tari wayang merupakan tarian yang berasal dari Cirebon. Disebut sebagai tari wayang dikarenakan para penari menggunakan kostum dan melakukan gerakan seperti tokoh wayang.
Tari wayang dapat dimainkan secara tunggal, berpasangan ataupun massal. Sedangkan karakter yang dimainkan oleh pemain terdiri dari beragam karakter pria dan wanita.

5. Tari  Tradisional Ketuk Tilu

Tarian Adat Indonesia
sahabatnesia.com
Tari ketuk tilu merupakan tarian yang berasal dari wilayah Bogor dan sekitarnya. Tari ketuk tilu terdiri dari penari wanita yang biasa disebut ronggeng dan nayaga sebagai pengiring musik.
Pertunjukkan tarian ketuk tilu biasanya dilakukan di area yang terbuka maupun diluar ruangan. Ronggeng biasanya akan menari mengitari lampu yang berkaki.
Dalam pertunjukkan tersebut penonton berebut untuk menari bersama ronggeng pilihan mereka.
Baca juga artikel : Sejarah Tari Saman, Tarian Asal Aceh yang Mendunia !

6. Tari Tradisional Jaipong

Tari Rakyat
sahabatnesia.com
Tari Jaipong merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini pada awalnya berasal dari tarian ketuk tilu. Jaipong merupakan salah satu buah kreatifitas seniman Jawa Barat Gugum Gembira.
Saat ini tarian jaipong sudah menjadi salah satu ikon tarian di Jawa Barat. Tarian ini banyak dipertunjukkan pada acara perhelatan yang dilakukan masyarakat ataupun pemerintah Jawa Barat.

7. Tari Tradisional Buyung

Tarian Adat di Indonesia
sahabatnesia.com
Tari buyung merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini dilakukan pada saat acara puncak upacara seren taun yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat.
Tarian ini menceritakan para gadis desa yang sedang mandi dan mengambil air bersama-sama di air terjun Ciereng dengan menggunakan buyung atau yang biasa disebut dengan kendi.

8. TariTradisional  Keurseus

Tari Tarian
sahabatnesia.com
Tari keurseus merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat. Pada awalnya tarian ini dilakukan oleh para pejabat.
Dalam lafal sunda tari ini bernama tari keurseus, sehingga tari yang diajarkan di Wirahmasari ini kemudian dikenal di kalangan masyarakat dengan nama tari keurseus.

9. Tari Tradisional Ronggeng Bugis

Nama Tarian
sahabatnesia.com
Tari ronggeng bugis merupakan tari tradisional yang berasal dari Cirebon. Tarian ini bersifat komedi. Tarian ronggeng bugis biasa dilakukan oleh penari laki-laki sebanyak 12 – 20 orang dengan dandanan dan gaya menari layaknya perempuan.
Asal mula tarian ini, dilatarbelakangi oleh ketegangan yang terjadi antara kerajaan Cirebon dengan kerajaan Islam. Sunan Gunung Jati sebagai Raja Cirebon saat itu menyuruh seorang kerabat dari kerajaan yang berasal dari suku bugis untuk mengawasi kerajaan Padjajaran.
Alat musik pengiring tarian ini adalah kelenang, kendang, gong kecil, dan kecrek.

10. Tari Tradisional Sampiung

Macam Macam Tari Nusantara
sahabatnesia.com
Tari sampiung merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat.Tarian ini dipertunjukkan untuk upacara hari-hari penting seperti pesta panen, ngaruat, rebo wekasan, dan seren taun, bahkan hari raya kenegaraan seperti pada perayaan ulang tahun RI.
Asal mula nama tari sampiung dikarenakan lagu pengiringnya berjudul sampiung. Alat musik pengiring tarian ini adalah berupa jentreng, yaitu alat musik petik berupa kecapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar