Selasa, 18 April 2017

macam-macam batik nusantara

30 Motif Batik Modern Nusantara dengan Design Sederhana

 

Motif Batik Aceh


Motif Batik Aceh
papasemar.com
Ciri khas dari batik Aceh adalah menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat Aceh itu sendiri. Untuk masalah warna, batik Aceh lebih dominan menggunakan warna yang cerah.
Keberanian memainkan warna itulah yang menjadikan batik Aceh terkesan unik dan glamor. Selain itu, Aceh merupakan daerah yang memiliki pengaruh Agama Islam yang kuat. Sehingga jarang sekali masyarakat Aceh menggunakan motif binatang yang merupakan larangan dalam Agama Islam.

2. Motif Batik Bali


Motif Batik Bali
www.anythingbali.com
Ciri khas dari kain batik Bali adalah terletak pada motifnya yang memadukan antara motif tradisional dan motif modern. Selain itu, kain batik Bali mempunyai ciri khas adanya lambang-lambang daerah seperti naga, burung bangau, kura-kura, dan rusa.
Dilihat dari motif dan bentuknya dapat dikatakan bahwa motif yang ada pada batik Bali ini tidak mempunyai batasan dalam hal pengeksplorannya. Batik Bali sendiri banyak terinspirasi oleh semua hal yang berada di Bali. 

3. Motif Batik Banyuwangi


Motif Batik Banyuwangi
print.kompas.com
Motif batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan dari berbagai hal yang berkaitan dengan ciri khas daerah Banyuwangi. Batik Banyuwangi mempunyai nilai estetika yang sangat mempesona. Semua nama batik asli yang terdapat di Banyuwangi ini ternyata banyak dipengaruhi oleh keadaan alam.
Beberapa motif kain batik Banyuwangi hanya mengedepankan nilai estetika dan menggambarkan jati diri dari masyarakat Banyuwangi itu sendiri.

4. Batik Bojonegoro


Motif Batik Bojonegoro
infoproduk.bojonegorokab.go.id
Bojonegoro merupakan sebuah daerah yang mempunyai kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Kekayaan ini lah yang menginspirasi masyarakat Bojonegoro untuk menjadikannya sebagai motif batik khas Bojonegoro.
Batik khas Bojonegoro biasa disebut dengan nama batik Jonegoroan dan memiliki 9 motif batik yang terkenal. Diantaranya adalah motif Jagung Miji Emas, Gastro Rinonce, Mliwis Mukti, Parang Jembul Sekar Rinandar, Parang Dahano Munggal, Pari Sumilak, Sata Gondo Wangi, Sekar Jati dan Rancak Thengul.

5. Motif Batik Banyumas


Motif Batik Banyumas
purwokertobanyumas.wordpress.com
Ciri khas batik Banyumas adalah warnanya didominasi dengan warna-warna dasar kecoklatan dan hitam. Motif batik Banyumas dinamakan dengan nama motif Jonasan. Motif batik ini banyak terinspirasi oleh tumbuhan dan hewan, sesuai dengan lingkungan yang terdapat di Banyumas. 
Batik Banyumas dikenal sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan. Nilai inilah yang menjadi filosofi berkembangnya motif-motif batik yang ada di Banyumas. Diantaranya adalah Motif Ayam Puger, Madu Bronto, Jahe Puger, Batu Wiljinan, Kawung Jenggot, dan lain-lain.
Baca juga artikel : 34 Nama Rumah Adat Tradisional Beserta Gambarnya

6. Motif Batik Banten


Motif Batik Banten
ardikaryautama.wordpress.com
Ciri khas batik Banten adalah memiliki corak warna yang cenderung ceria dengan memanfaatkan perpaduan warna pastel yang berkesan lembut. Hal tersebut melambangkan bahwa masyarakat Banten mempunyai karakter dengan hati yang lembut.
Selain itu, batik Banten mempunyai ciri khas pada pola hias gerabah klasik dan keramik dari peninggalan kerajaan Banten. Filosofi batik Banten banyak bercerita tentang sejarah seperti nama bangunan, gelar, tempat dan lain-lain. Beberapa motif Banten yang terkenal adalah motif mandalikan, sabakingking, pasepen, pejantren, pasulaman, kapurban, dan lain-lain.

7. Motif Batik Bengkulu


Motif Batik Bengkulu
indonesiabatikcorner.wordpress.com
Ciri khas batik Bengkulu adalah motifnya lebih dominan ke arah huruf arab atau kaligrafi dan bunga raflesia yang merupakan ciri khas kota Bengkulu. Selain itu ada juga motif burung walet, karena di Bengkulu Selatan merupakan sentra produksi burung walet.
Uniknya lagi, motif batik Bengkulu di kombinasikan dengan motif lain seperti motif burung kuau, relung paku, dan lain sebagainya.

8. Motif Batik Cirebon


Motif Batik Cirebon
gelarculturaltrip.com
Batik Cirebon mempunyai 2 kategori motif, yaitu motif keraton dan motif pesisiran. Motif keraton diambil dari ornamen-ornamen keraton dan warnanya cenderung warna sogan dan babar mas. Sedangkan motif pesisiran mengandung unsur flora dan fauna baik dari darat maupun dari laut dan mempunyai warna yang lebih terang.
Motif batik Cirebon yang paling terkenal sekaligus dijadikan sebagai lambang kota tersebut adalah motif Awan Mega Mendung. Motif ini banyak dipengaruhi oleh budaya china yang berkembang di Indonesia.

9. Motif Batik Cilacap


Motif Batik Cilacap
batikkroya.blogspot.com
Cilacap merupakan daerah yang memiliki berbagai budaya yang khas dan unik, salah satunya adalah budaya membatik. Ciri khas batik Cilacap adalah mempunyai pilihan warna klasik, yaitu warna coklat, hitam, dan putih.
Untuk motif batik Cilacap pada umumnya terinspirasi oleh keadaan lingkungan sekitar seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang. Batik Cilacap juga mempunyai motif kontemporer khas Cilacap, diantaranya adalah buah jeruk, buah growok, dan sungai serayu.

10. Motif Batik Ciamis


Motif Batik Ciamis
mayandbi.wordpress.com
Batik Ciamis berbeda dengan kebanyakan batik lainnya. Corak batik Ciamis tidak terlalu rumit dan ramai. Motif batik Ciamis biasa disebut dengan nama Ciamisan dan mempunyai karakter yang sederhana.
Ragam hias batik Ciamis mempunyai nuansa naturalistik, banyak menggunakan gambar tumbuh-tumbuhan dan hewan serta lingkungan alam sekitar. Salah satu motif alam sekitar yang paling banyak dijumpai dalam batik Ciamisan adalah lereng atau rereng.
Baca juga artikel : 18 Permainan Masa Kecil yang Terlupakan, Masih Ingat ?

11. Motif Batik Cianjuran


Motif Batik Cianjur
www.disparbud.jabarprov.go.id
Cianjur merupakan daerah yang terkenal dengan beras dan ayam palungnya. Dari sinilah masyarakat Cianjur mengambil inspirasi untuk membuat motif batik Cianjur. 
Ciri khas batik Cianjur adalah mempunyai warna-warna yang bernuansa natural seperti tumbuh-tumbuhan yang berada di daerah Cianjur. Umumnya warna batik Cianjur mendekati warna tanah, daun, atau bulir padi. 
Motif batik Cianjur secara garis besar dapat digolongkan menjadi 4 jenis motif, diantaranya adalah motif beasan, mamaos, maenpo, dan hayam pelung. 

12. Motif Batik Cimahi


Motif Batik Cimahi
batikanggraeni.wordpress.com
Kota Cimahi merupakan kota yang terkenal dengan kreatifitasnya. Kota ini juga mempunyai warisan batik asli yang enggak kalah dengan batik lainnya yang ada di Indonesia. 
Kota Cimahi memiliki 5 motif batik asli, diantaranya adalah motif anyaman bambu, lereng kujang, daun singkong, curug cimahi, dan pusdik. Dilihat dari motif-motif tersebut dapat kita simpulkan, bahwa masyarakat Cimahi banyak terinspirasi oleh lingkungan alam daerah Cimahi itu sendiri.

13. Motif Batik Demak


Motif Batik Demak
hedabatik.com
Ciri khas batik Demak adalah motifnya mengkombinasikan antara motif pesisiran dengan motif pertanian serta terdapat perpaduan corak Majapahit dengan nilai-nilai Agama Islam. Tujuannya untuk mengenalkan kembali berbagai macam corak batik Demak kepada para pecinta batik di seluruh Dunia.
Motif batik Demak banyak terinspirasi dari sejarah kerajaan Demak dan sangat menonjolkan motif pesisiran. Selain itu, motif batik Demak juga memiliki keunikan yaitu memadukan antara motif klasik dan motif kontemporer.

14. Motif Batik Brebes


Motif Batik Brebes
anekabatikanak.blogspot.com
Brebes merupakan daerah yang terkenal dengan telor asin dan bawang merahnya. Selain itu daerah ini mempunyai motif batik asli yang enggak kalah bagus dengan batik di daerah lainnya. Batik Brebes lebih dikenal dengan sebutan batik salem atau batik brebesan.
Ciri khas batik Brebes adalah banyak dipengaruhi oleh batik Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Tegal, dan Banyumas. Untuk pewarnaan sendiri, batik salem didominasi oleh warna cokelat, hitam, dan putih dengan motif kopi pecah, manggar, dan ukel. 

15. Motif Batik Betawi


Motif Batik Betawi
seracibatikbetawi.wordpress.com
Ciri khas batik Betawi adalah keunikan pada warnanya yang semarak sesuai dengan selera orang Betawi. Motif batik Betawi juga tidak lepas dari budaya yang berkembang di Betawi. Selain itu motif batik Betawi juga banyak dipengaruhi oleh budaya-budaya China, Arab, Belanda, dan India.
Dalam pewarnaan, batik Betawi didominasi dengan warna-warna cerah seperti biru terang, pink, hijau, dan orange. Batik Betawi jarang menggunakan warna gelap karena dianggap sebagai warna yang mengekspresikan kesedihan.
Baca juga artikel : 20 Jenis Aliran Dalam Seni Rupa Modern Beserta Tokoh dan Gambarnya

16. Motif Batik Banjarnegara


Motif Batik Banjarnegara
marco-batik.blogspot.com
Banjarnegara merupakan salah satu sentra penghasil batik di Indonesia. Batik Banjarnegara yang terkenal adalah batik gumelem. Ciri khas dari batik Banjarnegara adalah warnanya yang didominasi oleh warna coklat, hitam dan kuning serta bermotif bunga.
Motif gumelem sendiri terbagi menjadi 2 jenis corak, yaitu corak klasik dan corak kontemporer. Motif dengan corak klasik antara lain, pring sedapur, sungai serayu, gajah uling, dan lain-lain. Sedangkan motif dengan corak kontemporer adalah kawung ceplokan, sawung alit, lumbu pari, dan lain-lain.

17. Motif Batik Madura


Motif Batik Madura
batiksurabaya.esy.es
Ciri khas batik Madura terdapat pada warna dan motifnya. Dari pewarnaan, batik Madura cenderung memilih warna yang berani, seperti warna kuning, hijau, merah. Selain itu, ciri khas batik Madura dapat dilihat dari banyaknya garis pada satu desain batik.
Ragam motif Madura sangat banyak, terinspirasi oleh lingkungan alam sekitar seperti motif tumbuh-tumbuhan, binatang, serta kombinasi dari motif batik kreasi sendiri.

18. Motif Batik Malang


Motif Batik Malang
smp-prosit.com
Ciri khas dari batik Malang adalah dibuat dengan berdasarkan ilustrasi candi-candi Hindu. Salah satu motif batik Malang yang terkenal adalah motif bunga teratai. Motif-motif batik yang terdapat di Kota Malang mempunyai filosofi harapan suatu keluhuran dari pemakainya.
Beberapa motif batik Malang yang terkenal adalah dele kecer, sawat kembang pring, kucewara, kembang kopi, teratai singo, celaket, kembang juwet, kembang tanjung dan lain-lainnya

19. Motif Batik Pekalongan


Motif Batik Pekalongan
batik-online-shop.blogspot.com
Ciri khas batik Pekalongan adalah warnanya didominasi dengan warna-warna pesisir seperti merah, hijau, biru, dan orange. Batik Pekalongan mempunyai gambar yang nyata dan isinya penuh dengan corak ornamen garis dan titik.
Batik Pekalongan tidak hanya menggunakan motif fauna akan tetapi juga mengkombinasikan dengan unsur-unsur flora yang diambil dari motif Solo dan Yogyakarta.

20. Motif Batik Tegal


Macam dan Jenis Motif Batik Tegal
craftreasure.wordpress.com
Tegal merupakan salah satu daerah yang memiliki batik asli yang enggak kalah bagusnya dengan batik di daerah lain. Batik tegal dibagi menjadi 2 motif, yaitu motif klasik dan motif pengembangan.
Dari segi pewarnaan, batik tegal menggunakan warna-warna yang gelap dan biasanya dikombinasikan dengan motif tumbuhan dan hewan. 
Beberapa motif batik Tegal adalah cempaka putih, cempaka mulya, semut runtung, kembang kertas, kawung melinjo, gedong kosong, manuk surwiti dan masih banyak lagi yang lainnya.
Baca juga artikel99 Hadiah Anniversary dan Ulang Tahun Untuk Pacar Wanita

21. Motif Batik Solo


Macam dan Jenis Motif Batik Solo
ngulik.co
Ciri khas batik Solo adalah dalam pewarnaan kebanyakan menggunakan warna sogan. Warna sogan merupakan kombinasi warna coklat tua, coklat muda, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan. 
Batik Solo terkenal dengan corak pola tradisionalnya baik itu batik cap ataupun batik tulis, terkenal dengan pola sidomukti dan sidoluruh.

22. Motif Batik Yogyakarta


Jenis Motif Batik Jogjakarta
ngulik.co
Yogyakarta merupakan salah satu sentra perkembangan industri batik di Indonesia. Beberapa batik Yogyakarta yang terkenal adalah batik parang kusumo, truntum, tambal, kawung, dan pamiluto.
Ciri khas batik Yogyakarta adalah pewarnaannya banyak menggunakan warna putih, hitam, dan juga coklat. Selain itu, ciri khas batik Yogyakarta adalah motifnya menggambarkan penampakan figur manusia atau hewan dan setiap motif batik Yogyakarta pasti mengandung filosofi berupa ajaran moral untuk manusia.

23. Motif Batik Tasik


Model Motif Batik Tasik
www.disparbud.jabarprov.go.id
Batik khas yang ada di Kota Tasik adalah batik priangan. Batik pringan merupakan batik yang memiliki motif sederhana, selaras, dan pantas digunakan untuk siapa saja. Dalam segi warna, batik priangan menggunakan warna yang cerah sehingga motif batik terlihat lebih detail dan jelas.
Keindahan dari motif batik Tasikmalaya juga bisa dilihat dari hasil batik cap khas Tasikmalaya. Salah satu motifnya adalah berbentuk bunga dan lingkaran bunga yang diwarnai dengan warna magenta. 

24. Motif Batik Jombang


Jenis Motif Batik Jombangan
caramembatikcolet.blogspot.com
Ciri khas batik Jombang terletak pada motif dan warnanya. Dengan berbekal dengan kekayaan warisan agama dan budaya, maka terciptalah inspirasi untuk membuat batik yang mengkombinasikan kedua unsur tersebut.
Motif batik Jombang berupa ukiran segitiga dengan lancip dibawah. Motif ini terinspirasi oleh sebuah relief dari Candi Arimbi. Batik Jombang meruapakan salah satu kebijakan lokal yang dikembangkan dan sangat didukung oleh masyarakatnya. Inilah yang menyebabkan popularitas batik Jombang meningkat dikalangan lokal maupun nasional.

26. Motif Batik Tulungagung


Model dan Motif Batik Tulungagung
www.tokopedia.com
Ciri khas batik Tulungagung terlihat dari keindahan dalam mengkombinasikan warna dan variasi motif. Pewarnaan motif batik Tulungagung pada umumnya menggunakan warna-warna yang cerah dan berani.
Tulungagung mempunyai 3 jenis batik berdasarkan daerah pembatikannya, yaitu batik bangoan, batik kalangbret, dan batik majanan. 

27. Motif Batik Kediri


Model dan Motif Batik Kediri
batikediri.blogspot.com
Ciri khas batik Kediri adalah motif batik gunmul yang merupakan ikon kabupaten Kediri yang menyerupai monumen L’Arch D’triomph di Perancis. Motif utama yang sering muncul dalam motif batik Kediri adalah gambar burung garuda.
Ada beberapa motif yang terkenal, antara lain motif garuda muka teratai mekar, garuda muka mukti, garuda muka ukel, serta garuda muka liris.

28. Motif Batik Kudus


Jenis dan Model Motif Batik Kudus
denmasdeni.blogspot.com
Ciri khas batik Kudus adalah corak dan motifnya lebih condong ke batik pesisiran dan mempunyai kemiripan dengan batik Pekalongan. Salah satu motif yang terkenal adalah motif kapal kandas. 

29. Motif Batik Jepara


Model dan Jenis Motif Batik Jepara
mycarving21.blogspot.com
Jepara merupakan sebuah daerah yang terkenal dengan penghasil ukiran kayu. Akan tetapi Jepara juga mempunyai batik khas daerah tersebut dan sudah diakui di Dunia Internasional. 
Ciri khas batik Jepara adalah motifnya yang unik seperti ukiran-ukiran pada kayu. Selain itu dalam segi pewarnaan, pada umumnya batik Jepara menggunakan warna gajah coklat, ulir hijau, lung hitam, dan beberapa warna lainnya.
Batik Jepara juga disebut sebagai Batik Kartini, karena motifnya disesuaikan dengan motif yang diciptakan oleh R.A Kartini. Beberapa motif batik Kartini yang terkenal adalah motif srikaton, srigunung, parang gandosuli, dan bunga kantil.

30. Motif Batik Minangkabau


Model dan Jenis Motif Batik Minangkabau
www.kayanabatik.co.id
Ciri khas batik Minangkabau adalah motifnya lebih banyak mencerminkan motif-motif ukiran rumah adat Minang serta motif kain songket khas Minangkabau. Beberapa motif yang terkenal adalah motif pucuk rebung, sicam, siku-suku baragi, dan kalauk paku.
Selain itu motif batik Minangkabau juga dipengaruhi oleh budaya India, Portugis, China, Thailand, dan Melayu. Motif batik tradisional Minangkabau adalah motif kuda laut dan burung hong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar