Selasa, 11 April 2017

Tarian Nusantara (Bali)

Tarian Daerah Bali


Berikut adalah beberapa tarian tradisional yang berasal dari Bali :

1. Tari Tradisional Cendrawasih

Tari Tradisional Cendrawasih
sahabatnesia.com
Tari cendrawasih merupakan tarian yang menggambarkan keindahan burung cendrawasih yang terbang di langit. Tari cendrawasih biasanya dimainkan oleh 2 orang wanita dewasa.
Tarian ini memiliki karakter gerakan yang meliuk-liuk seperti sedang menari dan juga bernyanyi ketika menjelang musim perkawinan.

2. Tari Tradisional Trunajaya

Nama Tarian Daerah dan Asalnya
sahabatnesia.com
Tari Trunajaya merupakan sebuah tarian tradisional yang menggambarkan gerakan-gerakan seorang pemuda Bali yang sedang beranjak dewasa, penuh emosi, serta berulah untuk mendapatkan hati seorang wanita.
Kreasi tarian trunajaya diciptakan untuk sebuah tarian yang menghibur dan dapat dinikmati saat acara-acara tertentu.

3. Tari Tradisional Barong

Tari Tradisional Barong
sahabatnesia.com
Tari barong merupakan tarian tradisional Bali yang cukup terkenal. Tarian ini merupakan warisan dari kebudayaan sebelum munculnya agama Hindu di tanah Bali.
Tarian ini biasa dimainkan oleh 2 orang laki-laki. Tari barong dipertunjukkan untuk menggambarkan pertarungan yang sengit antara kebajikan dengan kebatilan.

4. Tari Tradisional Legong

Contoh Tari
sahabatnesia.com
Tari legong merupakan tarian klasik yang berasal dari Bali. Pada awalnya tarian ini hanya dipertunjukkan di lingkungan keraton pada masa kerajaan Bali.
Tarian legong dimainkan oleh 2-3 orang penari. Sedangkan alat musik yang mengiringi tarian ini adalah gamelan atau yang biasa disebut dengan semar pegulingan.

5. Tari Tradisional Kecak

Tarian Daerah Nusantara
sahabatnesia.com
Tari kecak merupakan pertunjukkan tarian seni khas Bali. Tarian ini menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan oleh penari laki-laki.
Tari kecak merupakan hasil karya Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies pada tahun 1930an.

6. Tari Tradisional Pendet

Macam Macam Tari Modern
sahabatnesia.com
Tari pendet merupakan tarian yang berasal dari Bali. Pada awalnya tarian ini dipertunjukkan untuk pemujaan. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini dipertunjukkan sebagai tarian ucapan selamat datang.

7. Tari Tradisional Baris

Tarian dan Asal Daerahnya
sahabatnesia.com
Tari baris merupakan tarian ritual tradisional Bali. Tarian ini menunjukkan keberanian pada ksatria Bali dan mempresentasikan para pejuang bertempur bagi kerajaan Bali.
Tarian ini biasanya dimainkan 8-40 orang pria yang menggunakan pakaian tradisional para pejuang lengkap dengan aksesorisnya.

8. Tari Tradisional Panji Semirang

Jenis Tari Nusantara
sahabatnesia.com
Tari Panji Semirang merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini menceritakan tentang seorang putri raja yang bernama Galuh Candrakirana yang pergi mengembara dengan menyamar menjadi seorang laki-laki bernama Raden Panji.
Tarian ini dimainkan oleh seorang perempuan yang berpenampilan seperti laki-laki, dan tentu saja tidak mempunyai gerakan perempuan sama sekali dalam tarian ini.

9. Tari Tradisional Puspanjali

Jenis Jenis Tari Tradisional
sahabatnesia.com
Tari puspanjali merupakan sebuah tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini dimainkan 5-7 orang penari. Tarian ini menampilkan gerakan-gerakan yang lemah lembut dan dipadukan dengan gerakan-gerakan yang ritmis serta dinamis.
Tarian ini digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke tanah mereka.

10. Tari Tradisional Margapati

Nama Tarian dan Asalnya
sahabatnesia.com
Tari margapati merupakan tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini menceritakan kesalahan perjalanan hidup seorang perempuan.  Tari margapati dimainkan oleh seorang wanita.
Tarian ini banyak dipertunjukkan dalam acara-acara selamatan seperti acara ulang tahun sebuah perusahaan.

11. Tari Tradisional Wirayudha

Tarian Daerah dan Asal Daerahnya
sahabatnesia.com
Tari wirayudha merupakan sebuah tarian tradisional yang dimainkan antara 2-4 orang penari pria dengan bersenjata tombak. Tarian ini disebut juga sebagai tari perang karena menceritakan prajurit yang sedang bersiap-siap menuju ke medan perang.

12. Tari Tradisional Gopala

Nama Tarian Daerah di Indonesia
sahabatnesia.com
Tari gopala merupakan tarian yang menceritakan tingkah laku sekelompok penggembala sapi di suatu ladang. Tarian gopala dimainkan oleh 4-8 orang penari pria.

13. Tari Tradisional Condong

Tari Tari Tradisional
sahabatnesia.com
Tari condong merupakan tarian tradisional yang berasal dari istana Bali. Pada umumnya, cari condong digunakan sebagai pendahuluan dari tari legong. Tarian condong diiringi dengan alat musik berupa gamelan pangulingan.

14. Tari Tradisional Janger

Jenis Jenis Tari di Indonesia
sahabatnesia.com
Tari janger merupakan tarian yang menceritakan pergaulan anak remaja di Bali. Tarian ini dimainkan 10-16 orang penari secara berpasangan-pasangan, yaitu kelompok putri yang dinamakan dengan janger dan kelompok putra yang dinamakan sebagai kecak.
Itulah penjelasan singkat tentang tarian daerah tradisional Indonesia. Mulai dari tarian daerah jawa tengah, tarian daerah jawa timur, tarian daerah jawa barat, tarian daerah bali beserta sejarah dan asal usulnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar